Jumat, 18 Januari 2013

eSPT pada Windows 7 64 bit

Beragamnya varian sistem operasi yang digunakan Wajib Pajak, beragam pula permasalahan yang muncul pada eSPT. Bila Wajib Pajak menggunakan sistem operasi Microsoft Windows 7 64 bit, karena aplikasi eSPT berbasis 32 bit, beberapa hal akan sedikit berbeda dengan sistem operasi 32bit. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan:
  1. Database
    Bila pada Windows 7 32 bit dan Windows Vista, folder database terletak pada folder tersembunyi yaitu di C:\User\<nama user Windows>\AppData\Local\VirtualStore\Program Files\..., maka pada Windows 7 64 bit, posisi Database eSPT mirip dengan Windows XP, yaitu pada C:\Program Files(x86). Selengkapnya, baca panduan disini.
  2. Data Source (ODBC)
    Setting ODBC Windows 7 64 bit yang terletak pada Control Panel, adalah setting ODBC untuk program 64 bit. Sedangkan setting ODBC untuk program 32 bit terletak pada C:\Windows\SysWOW64\odbcad32.exe.
  3. Restore Database
    Pada beberapa masalah, KPP akan meminta database eSPT untuk diperbaiki. Setelah selesai, database tersebut akan kita kembalikan ke folder database semula. Permasalahan yang muncul pada Windows 7 64 bit adalah ketika database kita kembalikan, yang terbaca pada eSPT adalah database yang belum diperbaiki. Entah ini bug pada Windows 7 64 bit atau bug pada setting ODBC 32 bit. Untuk mengatasi hal ini, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan.
    - Kembalikan database ke folder semula
    - Ubah nama file database yang dikembalikan tadi berbeda dengan nama file database asal. Misal, database eSPT PPh 21 yang bernama db1721 diubah menjadi db1721baru
    - Buka setting ODBC 32 bit
    - Ganti file pada DSN ke database baru yang telah diubah sebelumnya.
    - Simpan
Demikian, semoga berguna

1 komentar:

  1. ada cara yang lebih mudah

    http://hijrasoft.blogspot.com/2014/03/dsncreator.html

    BalasHapus